Armstrong Indonesia | PT. Graha Patriatama Jaya | grahapatria.co.id

Partisi Cubicle Toilet untuk Fasilitas Umum


Toilet umum merupakan salah satu elemen penting yang harus ada pada setiap fasilitas publik seperti mall, gedung olahraga, gedung pertemuan, dan lain-lain. Keberadaannya merupakan kebutuhan vital bagi manusia. Kebutuhan tersebut biasanya berbeda antara satu tempat umum dengan tempat umum lainnya. Misalnya toilet yang berada di mall jumlahnya pasti berbeda dengan jumlah toilet yang berada di perpustakaan umum. Toilet di mall pastinya jumlahnya lebih banyak, karena jumlah pengunjung yang lebih banyak pula.
Untuk menyiasati kebutuhan toilet dengan kondisi tersebut diperlukan desain toilet yang mampu menampung beberapa orang sekaligus, serta tidak banyak memakan lahan. Desain toilet umum yang saat ini banyak dipakai adalah partisi cubicle toilet. Toilet ini memiliki bentuk yang berderet atau letter L menyesuaikan dengan bentuk ruangan, dengan penggunaan partisi sebagai penyekatnya.
Pemasangan partisi cubicle toilet dilakukan setelah peekerjaan finishing lantai dan dinding, serta sanitary. Kelebihan menggunakan partisi cubicle toilet adalah dinding yang tipis, ringan, namun kuat, sehingga sangat menghemat tempat. Proses pemasangnannya pun sangat mudah dan sederhana, serta tidak memakan waktu yang lama. Sedangkan tampilannya pun terlihat elegan dan tertata apik.
Berikut ini merupakan beberapa bahan yang banyak digunakan sebagai material partisi toilet:

  • MDH lapis HPL
  • GRC dengan finishing cat duco
  • Phenolic atau Compact Laminated Board
  • Kaca Tempered atau kaca laminated

Setiap bahan material memiliki karakteristik yang berbeda-beda dengan harga yang berbeda pula. Jika diurutkan mulai dari yang paling murah adalah MDF, kemudian GRC. Sedangkan bahan Phenolic lebih sedikit mahal, dan Kaca Tempered atau Laminated adalah yang paling mahal.

Sumber: http://informasibangunan.blogspot.com/